Total Tayangan Halaman

Kamis, 13 Oktober 2011

Mempersiapkan Generasi Muslim Kaffah

Ketika orang tua ditanya tentang anaknya, ' mau seperti apa anaknya ?, jawabannya, saya ingin dia lebih baik dari saya orang tuanya.
Hanya yang menjadi pertanyaan adalah, sudah sejauhmanakah seorang orangtua mempersiapkan anaknya untuk hari esok. Pada umumnya orang tua standar, yang pertama menjadi kekhawatirannya adalah . mazda ta'kulun ghada (apa yang kamu makan besok hari)? jarang bertanya 'ma ta'buduna ghada (apa yang kamu sembah besok hari)?
Kaitannya dengan mempersiapkan generasi muslim kaffah dihari esok, harus dipersiapkan sejak dini melalui pendidikan. Tentu pendidikan yang dapat mengisi intelektual, spritual dan emosional anak.
Ketiga aspek ini harus seimbang, seperti seimbangnya angin pada roda kenderaan. Agar diperoleh keseimbangan dari tiga ranah ini, orang tua harus ikut berperan aktif menentukan kriteria lembaga pendidikan tempat anak menimba ilmu, menentukan kriteria lingkungan tempat mereka tinggal ddan bersosialisasi, membuat suasana keluarga yang membuat mereka dapat tumbuh dengan baik.
Lembaga pendidikan yang baik adalah lembaga pendidikan yang melakukan kegiatan pendidikan secara totaliter, artinya bukan hanya sekedar pengajaran dikelas yang hanya menjejali hapalan-hapalan simbol kepada siswa, tetapi juga memberikan keteladan dan pembiasaan perbuatan yang baik.
Lingkungan yang baik adalah, lingkungan dimana penduduknya memiliki tanggung jawab sosial menjaga lingkungannya dari virus-virus sosial yang merusak mental anak-anak.
keluarga yang baik adalah keluarga yang menanamkan nilai-nilai ilahiyah dalam kehidupan sehari-hari melalui perhatian, kasih sayang, penghargaan, pengakuan dan rasa aman.
Kesemua itu akan menjadi media tumbuhnya bibit-bibit anak-anak muslim yang kaffah. Bibit yang baik pada ditanam pada media yang rusak dan gersang akan sakit dan pertumbuhannya terganggu. Bibit yang baik akan tumbuh subur pada media tanam yang baik, perawatan yang baik, asupan makanan yang baik, cuaca yang seimbang serta akses memperoleh cahaya matahari yang cukup agar dapat melakukan fotosintesis mengolah asupan makanan menjadi energi.
Jadi apabila seorang orang tua berkeinginan anaknya menjadi generasi muslim yang kaffah, persiapkanlah sejak dini tiga hal yang tadi. yaitu pendidikan yang islami, lingkungan sosialisasi yang islami dan menciptakan suasana keluarga yang islami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar